Pengelola Pusat Karir Walisongo (Walisongo Career Center) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Periode 2020 – 2023

Pelindung:
Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag

Penanggung Jawab:
Dr. Achmad Arief Budiman, M.Ag

Pembina:
Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i, M.Ag
Drs. Nur Syamsudin, M.A

Ketua:
Johan Arifin, S.Ag., MM

Sekretaris:
Andang Syaifudin, M.Sc

Bendahara:
Dwimei Ayudewandari Pranatami, M.Sc
Eka Vasia Anggis, M.Pd

Administrasi:
Muhammad Ichrom, M.S.I

Ketua Divisi Jejaring Kerjasam Perusahaan:
Ely Faozatun Ni’mah, S.Ag., M.M

Ketua Divisi Pelatihan & Pengembangan Karir:
Fatah Rosikhan, S.Ag., M.M
Anggota:
Nur Aini Fitriya Ardiani Aniqoh, MBA

Ketua Divisi Pengembangan & Pemeliharaan Website:
Faris Shalahuddin Zakiy, M.E
Wahyu Aji Setyawan, S.Kom

Divisi Database Alumni:
Muhammad Nurul Mubin, S.Kom

Divisi Pendataan Lowongan Kerja Pada Fakultas:
Ushuluddin & Humaniora

Muhammad Sakdullah, M.Ag

Dakwah & Komunikasi
Ulin Nihayah, M.Pd.I

Psikologi & Kesehatan
Nikmah Rochmawati, M.Si

Sains & Teknologi
Fajrul Falakh, M.Ling

Ilmu Tarbiyah & Keguruan
Qorby Haqqul Adam, M.Or

Syari’ah & Hukum
Siti Rofi’ah, M.H

Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Kaisar Atmaja, M.A

Ekonomi & Bisnis Islam
Dwi Swasana Ramadhan, M.SEI

Jenis Layanan
1. Ketenagakerjaan
– Informasi Lowongan Kerja
WCC menerima informasi peluang kerja baik secara langsung dari perusahaan, institusi dan lembaga baik swasta, pemerintahan maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Informasi lowongan juga diterima secara tidak langsung yaitu melalui rektorat, lembaga-lembaga intern dan perorangan. Semua informasi segera ditindaklanjuti dengan menyebarkan pengumuman ke fakultas dan departemen terkait, melakukan posting pada website WCC dan ditempel pada papan-papan pengumuman WCC maupun dikirim ke perguruan tinggi-perguruan tinggi yang lain (bila diperlukan). Untuk dapat memasang informasi lowongan kerja di WCC, perusahaan/institusi dapat menghubungi sekretariat WCC melalui kontak telepon maupun email.

– Presentasi Perusahaan
Presentasi perusahaan dilakukan agar pelamar mengetahui profil dari perusahaan dan dapat langsung melakukan tanya jawab interaktif dengan perusahaan tersebut.

– Paper Screening
Paper screening adalah layanan yang dilakukan oleh WCC untuk menyeleksi kelengkapan administrasi yang menjadi syarat yang diwajibkan oleh perusahaan untuk dipenuhi oleh pelamar.

– In Campus Recruitment
Krisis moneter yang melanda Indonesia khususnya dunia usaha sangat mempengaruhi frekuensi penyerapan tenaga kerja termasuk peluang kerja bagi lulusan UIN Walisongo. Perekrutan karyawan oleh perusahaan lewat In Campus Recruitment sangat efektif karena disamping memudahkan pelamar untuk datang juga memudahkan dalam proses rekrutmen.

– Job Fair: Company Goes to Campus
Job Fair/Company Goes to Campus (CGTC) merupakan suatu media yang efektif, yang telah terbukti bisa mempertemukan mahasiswa dengan perusahaan. CGTC terutama bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan langsung antara mahasiswa dan alumni dengan perwakilan perusahaan-perusahaan. Acara ini diselenggarakan dua kali setahun setelah kelulusan agar perusahaan mendapatkan kesempatan untuk bertemu, menilai dan merekrut calon karyawan sebelum mereka ditawarkan atau melamar ke perusahaan-perusahaan lainnya.

– Kerjasama Ketenagakerjaan
Kegiatan kerjasama meliputi pengembangan jejaring dengan pihak swasta, lembaga pendidikan, pemerintah dan stakeholder lainnya; sosialisasi dan promosi serta penguatan kerjasama external dan internal. Upaya peningkatan kerjasama dan koordinasi ini dilakukan dengan peningkatan kemampuan WCC untuk menggali umpan balik positif dan mendapat kerjasama positif serta berkesinambungan. Progam ini bertujuan untuk mengembangkan jejaring (networking) kerjasama yang bersifat saling menguntungkan (mutual benefit) dengan stakeholder dan Shareholder. Pelatihan Pengembangan SDM di Perusahaan.

2. Kewirausahaan
– Pembekalan Kewirausahaan
Kegiatan ini bertujuan mengembangkan wawasan bagi pemula yang berminat berwirausaha. Selain itu juga untuk membekali mereka sebagai calon wirausahawan dengan kiat-kiat memasuki dunia wirausaha, strategi memulai wirausaha, manajemen wirausaha, semangat dari wirausaha, manajemen keuangan, keterampilan yang harus dimiliki, membangun teamwork yang baik, dan bagaimana memulai bisnis di kalangan pemula. Sehingga mereka memiliki potensi wirausaha yang maksimal, tanpa harus merasa kurang percaya diri dan takut dengan resiko kegagalan.

– Cooperative Academic Education (Coop) Program
Program Belajar-Bekerja Terpadu (Cooperative Academic Education Program) merupakan strategi pendidikan dan pengembangan sdm yang mengintegrasikan mahasiswa dengan berbagai latar belakang ilmu dari bangku kuliah dengan pengalaman kerja yang produktif (work-based learning atau work-integrated learning). Program ini melibatkan tiga pihak yaitu mahasiswa, perguruan tinggi, dan dunia usaha. Konsep dasar: (1) awal karir seseorang bukan setelah lulus, melainkan sejak memasuki perguruan tinggi; dan (2) merupakan program praprofesional, yakni awal pilihan ke arah kemampuan untuk bekerja. Program ini berbeda dengan program-program magang biasanya, dimana pada program ini mahasiswa tidak sebatas mengamati berbagai aktifitas di perusahaan/UKM tetapi terlibat langsung layaknya seorang karyawan di perusahaan/UKM tersebut. Berbagai kualitas mahasiswa yang ingin dicapai adalah kemandirian, inovatif memecahkan permasalahan, kreativitas, rasa percaya diri (self-confidence) dan rasa bangga atas kemampuannya (self esteem).

– Pendampingan & Dana Bergulir
Kegiatan Kewirausahaan menjadi salah satu alternatif peluang kerja dan menjadi sarana untuk menghasilkan para pencipta lapangan kerja (Job creator) sehingga perlu diberikan motivasi dan pembinaan kewirausahaan melalui konsultasi, pendampingan dan pemberian dana bergulir. Tujuan kegiatan ini adalah (1) Memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi para wirausahawan (2) Meningkatkan kemampuan wirausaha dalam bidang pemasaran, pengembangan mutu produk, dan manajemen usaha dan (3) Menyediakan modal bergulir bagi wirausaha kecil.

3. Pembekalan & Latihan
– Pembekalan & Latihan
Pembekalan ini didasari oleh kondisi ketenagakerjaan Indonesia belum memberikan harapan bagi penurunan angka pengangguran. Peluang kerja yang ada jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi. Akibatnya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin tinggi. Oleh karena itu perlu upaya penyiapan lulusan untuk menghadapi dunia kerja. Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) Memberikan gambaran umum dunia kerja dan tantangan yang dihadapi, (2) Memberikan gambaran peluang karir yang dapat dimasuki (karyawan atau wirausahawan), (3) Tips kiat sukses untuk menembus dunia kerja dan (4) Sharing pengalaman dengan alumni sukses.

– Pelatihan Prepare Your Self to Grasp the Job
Pelatihan ini bertujuan (1) Meningkatkan pemahaman peserta mengenai cara-cara sukses memasuki dunia kerja dan (2) Meningkatkan keterampilan peserta dalam mempersiapkan teknik memasuki dunia kerja (pembuatan surat lamaran, CV/resume, psikotest dan interview). Materi-materi yang disampaikan adalah (1) Kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja dan menggali kemampuan diri, (2) Praktek interview dan konsultasi pribadi, (3) Penyusunan surat lamaran & CV serta pengantar materi interview dan (4) Membangun citra diri dan etika profesional.

– Pelatihan Pengembangan Diri
Pelatihan-pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa dan alumni mengenai kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja. Pelatihan-pelatihan yang diberikan adalah (1) Kiat Sukses Merebut Peluang Kerja (2) Studium General of Leadership. Be a Proactive Leader, (3) Dream Building For Your Future Career, (4) English for Job , (5) Be Ready, Tips for Join The Company dan lain-lain.

– Seminar-Seminar Ketenagakerjaan
Seminar-seminar yang dilakukan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dan alumni mengenai karir dan ketenagakerjaan. Seminar tersebut diantaranya adalah (1) Talk Show. Bila Alumni Bicara, (2) Pembekalan Karir. I Need A Job, Now What ?, (3) Studium General. Pengantar Dunia Kerja & Perintisan Karir, (4) Sukses Berkarir. Belajar dari Pengalaman Orang lain.

4. Hubungan Alumni
– Data Base Alumni
WCC menyediakan data base alumni yang dapat diakses secara online. Data alumni mulai wisuda periode Pebruari 2016 telah tersedia secara online. Sedangkan data sebelum wisuda periode tersebut dapat diakses secara langsung di sekretariat WCC dalam bentuk buku wisudawan. Ke depan semua data base alumni akan garap secara digital agar dapat mudah diakses melalui online.

– Tracer Study atau Pelacakan Alumni
WCC melakukan tracer study atau pelacakan alumni dengan menggunakan aplikasi tracer study yang sudah terintegrasi dengan website WCC. Tracer study ini untuk mengetahui serapan lulusan UIN Walisongo di dunia kerja. Juga memperlihatkan jenis pekerjaan yang dilakukan alumni. Tracer study akan dilaksanakan paling cepat antara 1-2 tahun setelah alumni wisuda. Hasil tracer study ini akan digunakan untuk menyusun profil lulusan dan digunakan sebagai masukan review terhadap kurikulum yang diberlakukan di masing-masing prodi.

– Info Alumni
WCC bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Walisongo dalam bentuk berbagai kegiatan dan program. Untuk meningkatkan kerjasama tersebut diperlukan saling memberi informasi perkembangan alumni. Desk info alumni ini memberikan banyak manfaat bagi kampus dan alumni dalam kerangka kerjasama tersebut. Info Alumni, selain dilakukan secara manusal, juga melalui semua saluran media social untuk menjangkau seluruh alumni dimanapun berada.